Implementasi Pendidikan Agama Islam Terhadap Karakter Siswa di SMA Al-Hidayah Way Seputih Lampung Tengah
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan primer masyarakat sejak dulu, dan setiap orang memerlukan pendidikan untuk kelangsungan hidupnya. Tujuan pendidikan sering dirumuskan untuk menyiapkan generasi muda menjadi orang dewasa anggota masyarakat yang mandiri dan produktif. Namun demikian, mutu pendidikan belum menunjukkan peningkatan yang berarti. Sebagian sekolah, terutama di kota-kota menunjukkan peningkatan mutu pendidikan yang cukup menggembirakan, namun sebagian besar lainnya masih memprihatinkan. Salah satu alternatif yang dapat dilakukan dalam melaksanakan pendidikan karakter disekolah adalah mengoptimalkan pembelajaran materi pendidikan agama Islam (PAI). Peran pendidikan agama khususnya pendidikan agama Islam sangatlah strategis dalam mewujudkan pembentukan karakter siswa. Pendidikan agama merupakan sarana transformasi pengetahuan dalam aspek keagamaan (Aspek kognitif), sebagai sarana transformasi norma serta nilai moral untuk membentuk sikap (aspek afektif), yang berperan dalam mengendalikan prilaku (aspek psikomotorik) sehingga tercipta kepribadian manusia seutuhnya. Berdasarkan indikator dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan karakter siswa untuk menjadi lebih baik lagi terutama pada mata pelajaran PAI. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan kepala sekolah serta guru PAI salah satu cara mengatasi kenakalan pada siswa yaitu dengan cara menerapkan metode pendidikan agama islam dalam setiap kesempatan. Metode pendidikan yang dimaksud yaitu melalui penekanan system cara belajar baik secara teori maupun praktek langsung baik melalui acara hari-hari besar islam atau dalam proses belajar mengajar siswa dikelas atau didalam kelas
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Implementasi Pendidikan Karakter, Mutu Pendidikan
References
Ainiyah, Nur. (2013). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal:Al-ulum. Vol. 13 No. 1
Ali Ramdhani, Muhammad. (2018). Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal: Pendidikan Islam dan Keguruan. Vol. 1 No.1
Anisyiffa, Hida. (2014). Pendidikan Karakter Dalam Pespektif Islam. Jurnal Kependidikan dan Keislaman. Vol. 8 No.1
Bahri, M. S., Mispani, M., & Tukiran, T. (2021). Education Character Perspective of KH Hasyim and Hafidz Hasan Al-Mas’ udi. Bulletin of Pedagogical Research, 1(1), 16-45.
Cahyono, Guntur. (2017). Pendidikan Karakter Perspektif Al-qurán dan Hadist. Jurnal: Ahwal al-Syahsiyah dan Tarbiyah STAI Mempawah. Vol. V. No. 1
Fathoni, M., Fadillah, K., Jannah, S. R., & Yusuf, M. (2021). The Efforts of Teachers’ Islamic Education in Forming Students' Religious Character at SMPN 5 Gunung Labuhna Way Kanan. Bulletin of Pedagogical Research, 1(1), 106-123.
Fremayanti, Ade Imelda. (2017). Implementasi Pendidikan Nilai Dalam Pendidikan Islam. Jurnal: Pendidikan Islam. Vol. 8 No. II
Hajrianah. (2016). Model Pembelajaran Berbasis Karakter Pada Mata Pelajaran PAI Bidang Akidah dan Akhlak SMP. Jurnal: Educasia. Vol. 1. No. 2
Hamsah, Syaifullan & Muhammada.(2020). Pendampingan Impelementasi Metode menghafal Huruf Hijaiyah Dalam Pembelajaran Al-Qurán pada Anak Tunanetra Di SDLB Pasuruan. Jurnal: Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Vol. 1 No 1
Husnanto, Yusuf & Syarifuddin. (2020). Impelementasi Total Quality Manajement Dalam Pendampingan peningkatan Profesional Guru PAI SMK 1 Sukorejo. Jurnal: Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Vol. 1 No 1
Islam, Syaiful. (2017) Karakteristik Pendidikan Karakter; Menjawab Tantangan Multimedianasional Melalui Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal: Edureligia. Vol. 01. No. 01
Islamy, M. R. F., Komariah, K. S., Kurniani, E., Yusfiana, F. M., & Marwah, S. (2022). Improving Student Polite Character in Online Learning in the Covid-19 Pandemic Period. Bulletin of Science Education, 2(1), 41-51.
Komara, Endang. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad-21. Jurnal:South-East Asian Journal for Youth, Sports & Health Education. Vol. 4 No. 1
Kristiawan, Muhammad. (2015). Telaah Revolusi Mental dan Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Sumber Daya Manusia Indonesia yang Pandai dan Berakhlak Mulia. Jurnal: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Vol. 18 No 1
Kristiawan, M., Suhono, S., Yussof, M. H. B., & Muslimah, M. (2021). The International School’s Culture in Indonesia and Brunei Darussalam. Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 6(1), 180-191.
Mumin, Abdullah I, (2018). Pendidikan Toleransi Perspektif Pendidikan Agama Islam (Telaah Muatan Pendekatan Pembelajaran Di Sekolah). Jurnal Afkar For Islamic Studi, Vol.1 No 2
Ramdhani, Muhammad. (2014). Lingkungan Pendidikan Dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal: Pendidikan Universitas Garut. Vol. 8 No. 1
Ramadhani, S. P., & Anggraeni, D. (2022). The Role of Teacher Pedagogic Competence in Strengthening Discipline of Indonesian Language Learning at Elementary School. Bulletin of Science Education, 2(1), 1-8.
Rahimah, R., Juriah, N., Karimah, N., Hilmatunnisa, H., & Sandra, T. (2020). The problems and solutions for learning activities during Covid-19 pandemic disruption in Hidayatul Insan Pondok school. Bulletin of Community Engagement, 1(1), 13-20.
Rijal, Syamsul. (2019). Problematika Epistomologi Tentang Visi, Misi dan Tujuan Pendidikan Islam. Jurnal: Ahsana Media, Vol. 5 No. 1
Sari, Y. A., Septiyana, L., Suhono, S., Anggaira, A. S., & Umar Al Faruq, A. H. (2021). Corrective Feedback in Learning Interaction: Integration of Surface Strategy Taxonomy. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(3), 2266-2280.
Septrisia, R., & Suhono, S. (2021). Affecting Factors of Learning Quality for English Teachers at SMP Negeri Mandailing Natal. Attractive: Innovative Education Journal, 3(3), 226-235.
Sholehatiin & Sa’diyah. (2020). Kemampuan Manajerial Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Memberdayakan Masjid Sebagai Sarana Mengembangkan Budaya Agama Di MTs Raudhatul Jannah Wonokusomo Bondowoso. Jurnal: Nusantara Journal Of Community Engagement. Vol 1. No. 1
Syaikhoni, Y., Subandi, S., Fadillah, K., & Pratiwi, W. (2021). The Implementation of Student Discipline Character through School and Parents' Collaboration. Bulletin of Pedagogical Research, 1(1), 174-186.
Supranoto, Heri. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Bangsa Dalam Pembelajaran SMA. Jurnal: Promosi. Vol. 3. No. 1
Wulandari, Yeni & Kristiawan, Muhammad. (2017). Strategi Sekolah Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Dengan Memaksimalkan Peran Orang Tua. Jurnal: JMKSP. Vol. 2 No. 2
Yolanda, A. T., & Kailola, L. G. (2021). The effect of teacher competence and emotional intelligence on students development character at senior high school kristen barana’. Bulletin of Science Education, 1(2), 164-181.