Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Interpersonal Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa SMA Ma’arif Bumirestu Palas Lampung Selatan

  • Nur Apri Laviyanto Institut Agama Islam Ma'arif NU (IAIMNU) Metro Lampung, Indonesia
  • Muhammad Syaifullah Institut Agama Islam Ma’arif NU (IAIMNU) Metro Lampung
  • Jaenullah Jaenullah Institut Agama Islam Ma'arif NU (IAIMNU) Metro Lampung, Indonesia
Keywords: Kecerdasan Emosional, Kecerdasan  Interpresonal, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada masalah adanya kesenjangan antara kecerdasan emosional, interpersonal dan hasil belajar PAI. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah ada pengaruh kecerdasan ‎emosional terhadap hasil belajar PAI siswa‎SMA Ma`arif Buni Restu Palas Lampung ‎Selatan tahun pelajaran 2020/2021 ‏Apakah ada pengaruh kecerdasan interpersonal ‎terhadap hasil belajar PAI ‎siswa SMA Ma`arif Buni Restu Palas Lampung Selatan tahun ‎pelajaran ‎‎2020/2021?‎‏ dan‎ Apakah ada pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan ‎interpersonal ‎terhadap hasil belajar PAI siswa  SMA Ma`arif Buni Restu Palas ‎Lampung ‎Selatan tahun pelajaran 2020/2021? ‏Penelitian ini menggunakan metode penelitian ‎kuantitatif. Populasi penelitian ‎ini ‎sebanyak ‏‎80 orang, dan seluruh populasi tersebut ‎dijadikan sampel. ‎Pengumpulan data ‎menggunakan angket, ‎dan ‏dokumentasi. Analisis ‎data menggunakan rumus regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ‏kecerdasan emosional dan interpersonal berpengaruh signifikan ‎tehadap hasil belajar  PAI siswa SMA Ma`arif Bumi Restu Palas Kabupaten Lampung ‎Selatan. Hasil penelitian ini diperoleh persamaan‎ȳ=47,476‎+‎0,227X1+0,152X2Konstanta‎‎‎47,476‎‏ ‏‎‏ ‏menggambarkan besarnya hasil  belajar ‎PAI jika tidak ‎dipengaruhi kecerdasan emosional dan kecerdasan interpersonal. ‎Koefisien ‎regresi b1 sebesar 0,227‎‏ ‏menggambarkan besarnya peningkatan ‎hasil  belajar, jika disertai ‎variabel kecerdasan emosional, sedangkan ‎koefisien regresi b2 sebesar 0,152‎ menggambarkan besarnya pening-katan ‎hasil  belajar  jika disertai kecerdasan interpersonal.

Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Kecerdasan  Interpresonal, Hasil Belajar

References

Ahmad Izzan, dan Saehudin (2014)Tafsir Pendidikan: Konsep Pendidikan Berbasis Al Quran, Bandung: Humanoria, h. 94

Angraini, N. M., Dewi, S. F., Fatmariza, F., Suhono, S., & Hidayah, Y. (2022). E-Module as Conflict Resolution: The Application of Pancasila Values in Analyzing Cases of Violation and Denial of Citizen Rights and Obligations. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 7(1), 1-18.

Amaryllia Puspasari (2009) Emotional Intelligent Parenting Mengukur Emotional Intelligence dan Membentuk Pola Asuh Berdasarkan Emotional Intelligent Parenting, (Jakarta: Elex Media Komputindo, ‎h. 1

Aslan, A. (2021). The Relevance of Inquiry-Based Learning in Basic Reading Skills Exercises for Improving Student Learning Outcomes in Madrasah Ibtidaiyah. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 5(01), 28-41.

Athanasios S. Drigas dan Chara Papoutsi (2018). A new layered model on emotional intelligence, Behavioral Sciences, Volume 8 Nomor 5, hlm. 1.

Basir, A., Kamaliah, K., Harahap, A., Fauzi, A., & Karyanto, B. (2021). How Universities Entrust Digital Literacy to Improve Student Learning Outcomes During the COVID-19 Disruption. Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 6(1), 235-246. https://doi.org/10.25217/ji.v6i1.1146

Endang Sri Wahyuningsih, (2020) Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa, Yogyakarta: Deepublish, h. 65

Nanda Hidayati (2020), Kumpulan Materi Ajar Kreatif, Malang: Multi Media Edukasi, h. 282

Nora Agustina (2018), Perkembangan Peserta Didik, Yogyakarta: Deepublish, h. 12

Nurfitri Sahidun, Peningkatan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini Melalui PermainanTradisional, Journal of Early Childhood Care & Education, Ternate: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ternate, Vol. 1 No.1, 2018, hlm. 13.

Oviyanti F,(2017) Urgensi Kecerdasan Interpersonal Bagi Guru, Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam Volume 3 No (1), hlm. 80

Prima Vidya Asteria (2014) Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak Melalui Pembelajaran Membaca Sastra,Malang: UB Press, ‎h. 14

Paul Suparno, (2010) etl, Pendidikan Budi Pekerti di Sekolah, Suatu Tinjauan Umum, Yogyakarta: Kanisius, hlm. 6

Saefudin, A., & Sari, D. A. (2021). Multicultural Education through Constructivist Learning Strategies. Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 6(2), 13-26. https://doi.org/10.25217/ji.v6i2.1399

Setiyanto, A., Subandi, S., Setiawan, A., & Fadillah, M. K. (2021). The Problems of Islamic Education Learning at Islamic Vocational High School Raden Fatah Tugumulyo, South Sumatra. Bulletin of Pedagogical Research, 1(1), 83-105.

Sutrisno, (2021) Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar TIK Materi Topologi Jaringan Dengan Media Pembelajaran, Malang: Ahlimedia Press, hlm. 22.

Taufiq Abdurrohman, Brainware Leadership Mastery, (Jakarta: Elex Media Komputindo, 2007), h. 20

Tradisional, Journal of Early Childhood Care & Education, Ternate: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ternate, Vol. 1 No.1, 2018, hlm. 13.

Taufik Bahaudin (2007)Brainware Leadership Mastery, Jakarta: Elex Media

Komputindo, hlm.20

Yolanda Pahrul, Peningkatan Kecerdasan Interpersonal melalui Kegiatan Menggambar pada Anak Usia Dini, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Universitas Negeri Jakarta, Volume 3 Issue 2 (2019), hlm. 464.

Yolanda, A. T., & Kailola, L. G. (2021). The effect of teacher competence and emotional intelligence on students development character at senior high school kristen barana'. Bulletin of Science Education, 1(2), 164-181.

https://doi.org/10.51278/bse.v1i2.223

Published
2022-06-06
Abstract viewed = 311 times
pdf downloaded = 284 times