Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Interpersonal Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa SMA Ma’arif Bumirestu Palas Lampung Selatan
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada masalah adanya kesenjangan antara kecerdasan emosional, interpersonal dan hasil belajar PAI. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar PAI siswaSMA Ma`arif Buni Restu Palas Lampung Selatan tahun pelajaran 2020/2021 Apakah ada pengaruh kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar PAI siswa SMA Ma`arif Buni Restu Palas Lampung Selatan tahun pelajaran 2020/2021? dan Apakah ada pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar PAI siswa SMA Ma`arif Buni Restu Palas Lampung Selatan tahun pelajaran 2020/2021? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini sebanyak 80 orang, dan seluruh populasi tersebut dijadikan sampel. Pengumpulan data menggunakan angket, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan rumus regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional dan interpersonal berpengaruh signifikan tehadap hasil belajar PAI siswa SMA Ma`arif Bumi Restu Palas Kabupaten Lampung Selatan. Hasil penelitian ini diperoleh persamaanȳ=47,476+0,227X1+0,152X2Konstanta47,476 menggambarkan besarnya hasil belajar PAI jika tidak dipengaruhi kecerdasan emosional dan kecerdasan interpersonal. Koefisien regresi b1 sebesar 0,227 menggambarkan besarnya peningkatan hasil belajar, jika disertai variabel kecerdasan emosional, sedangkan koefisien regresi b2 sebesar 0,152 menggambarkan besarnya pening-katan hasil belajar jika disertai kecerdasan interpersonal.
Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Interpresonal, Hasil Belajar
References
Ahmad Izzan, dan Saehudin (2014)Tafsir Pendidikan: Konsep Pendidikan Berbasis Al Quran, Bandung: Humanoria, h. 94
Angraini, N. M., Dewi, S. F., Fatmariza, F., Suhono, S., & Hidayah, Y. (2022). E-Module as Conflict Resolution: The Application of Pancasila Values in Analyzing Cases of Violation and Denial of Citizen Rights and Obligations. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 7(1), 1-18.
Amaryllia Puspasari (2009) Emotional Intelligent Parenting Mengukur Emotional Intelligence dan Membentuk Pola Asuh Berdasarkan Emotional Intelligent Parenting, (Jakarta: Elex Media Komputindo, h. 1
Aslan, A. (2021). The Relevance of Inquiry-Based Learning in Basic Reading Skills Exercises for Improving Student Learning Outcomes in Madrasah Ibtidaiyah. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 5(01), 28-41.
Athanasios S. Drigas dan Chara Papoutsi (2018). A new layered model on emotional intelligence, Behavioral Sciences, Volume 8 Nomor 5, hlm. 1.
Basir, A., Kamaliah, K., Harahap, A., Fauzi, A., & Karyanto, B. (2021). How Universities Entrust Digital Literacy to Improve Student Learning Outcomes During the COVID-19 Disruption. Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 6(1), 235-246. https://doi.org/10.25217/ji.v6i1.1146
Endang Sri Wahyuningsih, (2020) Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa, Yogyakarta: Deepublish, h. 65
Nanda Hidayati (2020), Kumpulan Materi Ajar Kreatif, Malang: Multi Media Edukasi, h. 282
Nora Agustina (2018), Perkembangan Peserta Didik, Yogyakarta: Deepublish, h. 12
Nurfitri Sahidun, Peningkatan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini Melalui PermainanTradisional, Journal of Early Childhood Care & Education, Ternate: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ternate, Vol. 1 No.1, 2018, hlm. 13.
Oviyanti F,(2017) Urgensi Kecerdasan Interpersonal Bagi Guru, Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam Volume 3 No (1), hlm. 80
Prima Vidya Asteria (2014) Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak Melalui Pembelajaran Membaca Sastra,Malang: UB Press, h. 14
Paul Suparno, (2010) etl, Pendidikan Budi Pekerti di Sekolah, Suatu Tinjauan Umum, Yogyakarta: Kanisius, hlm. 6
Saefudin, A., & Sari, D. A. (2021). Multicultural Education through Constructivist Learning Strategies. Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 6(2), 13-26. https://doi.org/10.25217/ji.v6i2.1399
Setiyanto, A., Subandi, S., Setiawan, A., & Fadillah, M. K. (2021). The Problems of Islamic Education Learning at Islamic Vocational High School Raden Fatah Tugumulyo, South Sumatra. Bulletin of Pedagogical Research, 1(1), 83-105.
Sutrisno, (2021) Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar TIK Materi Topologi Jaringan Dengan Media Pembelajaran, Malang: Ahlimedia Press, hlm. 22.
Taufiq Abdurrohman, Brainware Leadership Mastery, (Jakarta: Elex Media Komputindo, 2007), h. 20
Tradisional, Journal of Early Childhood Care & Education, Ternate: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ternate, Vol. 1 No.1, 2018, hlm. 13.
Taufik Bahaudin (2007)Brainware Leadership Mastery, Jakarta: Elex Media
Komputindo, hlm.20
Yolanda Pahrul, Peningkatan Kecerdasan Interpersonal melalui Kegiatan Menggambar pada Anak Usia Dini, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Universitas Negeri Jakarta, Volume 3 Issue 2 (2019), hlm. 464.
Yolanda, A. T., & Kailola, L. G. (2021). The effect of teacher competence and emotional intelligence on students development character at senior high school kristen barana'. Bulletin of Science Education, 1(2), 164-181.