Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Rohani Islam dalam Pembinaan Karakter Peserta Didik Madrasah Aliyah Ma’arif Sungkai Tengah Lampung Utara
Abstract
Tidak sedikit Siswa yang mengalami kegagalan dalam mencapai tugas perkembangan remaja yaitu adanya perilaku nakal pada siswa. Faktor penyebabnya dari faktor internal dan faktor eksternal (keluaraga, sekolah dan masyarakat). Permasalahan adalah (1) faktor internal apa yang melatarbelakangi perilaku nakal siswa dan (2) faktor eksternal apa yang meletarbelakangi perilaku nakal siswa pada siswa kelas di Madrasah Aliyah Ma’arif Sungkai Tengah tahun ajaran 2020/2021. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin memperoleh data empiris mengenai faktor internal dan eksternal latar belakang perilaku nakal siswa Madrasah Aliyah Ma’arif Sungkai Tengah. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Perencanaan kegiatan ekstrakurikuler Rohani Islam dalam pembinaan karakter peserta didik di Madrasah Aliyah Ma’arif Sungkai Tengah belum berjalan sebagaimana idealnya menjalankan sebuah organisasi yang baik dan unggul, kelemahan perencanaan dalam melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler Rohani Islam dalam Pembinaan Karakter Peserta Didik di Madrasah Aliyah Ma’arif Sungkai Tengah adalah tidak adanya persiapan pengajaran baik berupa silabus, maupun rencana pelaksanaan pembelajaran. Adapun proses pembinaan karakter tersebut dilakukan melalui pendekatan secara langsung dan tidak langsung, dengan metode yang digunakan dalam proses pembinaan adalah metode keteladanan, pembiasaan, nasehat, pemberian hukuman dan hadiah serta didukung dengan kegiatan-kegiatan keagamaan di sekolah. Adapun faktor pendukung dan penghambat dalam kegiatan ekstrakurikuler Rohani Islam adalah dukungan dari kepala sekolah terhadap kegiatan ekstrakurikuler.
Kata Kunci: Kegiatan Ekstrakurikuler, Pembinaan Karakter, Karakter Peserta Didik
References
Al Quran dan Terjemahny. Departemen Agama RI: 2002
Amirrudin, M., Harun, H., Yasid, M., Roiqoh, S., & Rohana, F. S. (2021). The Development of Education Character Policy and Programs in Information Society of Kampung Cyber Yogyakarta. Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 6(2), 71-82. https://doi.org/10.25217/ji.v6i2.1326
Basrowi dan Suwandi. (2008). Memehami Penelitian Kualitatif. Jakarta: RinekaCipta. Darmiyatun, D. S. (2013). Pendidikan Karakter di S ekolah. Yokyakarta: Gerava
Media
Dr. H. Subandi, M.M. Journal Menderadikalisasi Faham Radikal Melalui Pendidikan
Mutikultur dan Karakter Lokal di Lampung. Fikri, Vol. 2, No. 2, Desember 201
Darmayanti D. (2014). Panduan implementasi pendidikan Karakter di Madrasah. Yogyakarta: Araska.
Dharma Kesuma, Dkk. (2012). Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja
Rosdayakarya.
Depdikbud, Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta 2014 Departemen pendidikan Nasional, (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi
Keempat. Jakarta: Gramedia
Echols, John M. dan Hassan Shadily, (1992) Kamus Inggris Indonesia; An English- Indonesian Dictionar. Jakarta: PT. Gramedia,.
Gunawan, H. (2012). Pendidikan Karakter Konsep Dan Implementasi. Bandung: Alfabeta
Hariyanto dan Muchlas S. (2011). Konsep dan Model Pendidikan Karakter.
Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Harjanto. (2008). Pelaksanaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta
Kegiatan Ekstrakurikuler Pendidikan Agama Islam pada Madrasah Umum dan
Madrasah; Panduan Untuk Guru dan Siswa. (2004) Jakarta: Depag RI
Kusuma, D. (2007). Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak Di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.
Pidarta Made, (1988). Pelaksanaan Pendidikan Partisipatori dengan Pendekatan
Sistem. Jakarta: Rineka Cipta
Philip H Combs, (2010). Pelaksanaan Pendidikan, http. Wikipedia Pelaksanaan
Pendidikan.
Ramayulis. (2008). Psikologi Agama. Jakarta: Kalam Mulia
Safitri, M. L. O., Mustadi, A., & Retnawati, H. (2021). The The Role of Teachers in Implementation Social Care Education Character at Primary Schools. Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 6(2), 39-50. https://doi.org/10.25217/ji.v6i2.1315
Suryosubroto, B. (2002) Proses Belajar Mengajar di Madrasah; Wawasan Baru, Beberapa Metode Pendukung, dan Beberapa Komponen Layanan Khusus. Jakarta: Rineka Cipta.
Shihab, M.Q. (2002) Tafsir Al-Misbah, Pesan Kesan dan keserasian Al-Quran. Jakarta: Lentera Hati
Sugiono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: CV AlfabetaSobri, dkk. (2009) Pengelolaan Pendidikan, Yogyakarta: Multi Pressindo
Uno, Hamzah. B. (2006) Pelaksanaan Pembelajaran. Gorontalo: PT Bumi Aksara
UUD 1945 Hasil Amandemen dan Proses Amandemen UUD 1945 secara lengkap pertama 1999-keempat 2002. (2002). Jakarta: Sinar Grafika.
William G. Gunningham. 1982. Systematic Planning For Educational Change. First Edition, Mayfield Publising Company, Californ