Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Rohani Islam dalam Pembinaan Karakter Peserta Didik Madrasah Aliyah Ma’arif Sungkai Tengah Lampung Utara

  • Imam Syafei Institut Agama Islam Maarif NU (IAIMNU) Metro Lampung, Indonesia
  • Muhammad Syaifullah Institut Agama Islam Ma'arif NU (IAIMNU) Metro Lampung, Indonesia
  • Hidrikal Mukroh Institut Agama Islam Ma'arif NU (IAIMNU) Metro Lampung, Indonesia
Keywords: Kegiatan Ekstrakurikuler, Pembinaan Karakter, Karakter Peserta Didik

Abstract

Tidak sedikit Siswa yang mengalami kegagalan dalam mencapai tugas perkembangan remaja yaitu adanya perilaku nakal pada siswa. Faktor penyebabnya dari faktor internal dan faktor eksternal (keluaraga, sekolah dan masyarakat). Permasalahan adalah (1) faktor internal apa yang melatarbelakangi perilaku nakal siswa dan (2) faktor eksternal apa yang meletarbelakangi perilaku nakal siswa pada siswa kelas   di Madrasah Aliyah Ma’arif Sungkai   Tengah   tahun   ajaran   2020/2021.   Tujuan   dari penelitian ini adalah ingin memperoleh data empiris mengenai faktor  internal  dan  eksternal  latar  belakang  perilaku  nakal siswa Madrasah Aliyah Ma’arif Sungkai Tengah. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Perencanaan kegiatan ekstrakurikuler Rohani Islam dalam pembinaan karakter peserta didik di Madrasah Aliyah Ma’arif Sungkai Tengah belum berjalan sebagaimana idealnya menjalankan sebuah organisasi yang baik dan unggul, kelemahan perencanaan dalam melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler Rohani Islam dalam Pembinaan Karakter Peserta  Didik di Madrasah Aliyah Ma’arif Sungkai Tengah adalah tidak adanya persiapan pengajaran baik berupa silabus, maupun rencana pelaksanaan pembelajaran. Adapun proses pembinaan karakter tersebut dilakukan melalui pendekatan secara langsung dan tidak langsung, dengan metode yang digunakan dalam proses pembinaan adalah metode keteladanan, pembiasaan, nasehat, pemberian hukuman dan hadiah serta didukung dengan kegiatan-kegiatan keagamaan di sekolah. Adapun faktor pendukung dan penghambat dalam kegiatan ekstrakurikuler Rohani Islam adalah dukungan dari kepala sekolah terhadap kegiatan ekstrakurikuler.

Kata Kunci: Kegiatan Ekstrakurikuler, Pembinaan Karakter, Karakter Peserta Didik

References

Al Quran dan Terjemahny. Departemen Agama RI: 2002

Basrowi dan Suwandi. (2008). Memehami Penelitian Kualitatif. Jakarta: RinekaCipta. Darmiyatun, D. S. (2013). Pendidikan Karakter di S ekolah. Yokyakarta: Gerava

Media

Dr. H. Subandi, M.M. Journal Menderadikalisasi Faham Radikal Melalui Pendidikan

Mutikultur dan Karakter Lokal di Lampung. Fikri, Vol. 2, No. 2, Desember 201

Darmayanti D. (2014). Panduan implementasi pendidikan Karakter di Madrasah. Yogyakarta: Araska.

Dharma Kesuma, Dkk. (2012). Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja

Rosdayakarya.

Depdikbud, Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta 2014 Departemen pendidikan Nasional, (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi

Keempat. Jakarta: Gramedia

Echols, John M. dan Hassan Shadily, (1992) Kamus Inggris Indonesia; An English- Indonesian Dictionar. Jakarta: PT. Gramedia,.

Gunawan, H. (2012). Pendidikan Karakter Konsep Dan Implementasi. Bandung: Alfabeta

Hariyanto dan Muchlas S. (2011). Konsep dan Model Pendidikan Karakter.

Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Harjanto. (2008). Pelaksanaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Kegiatan Ekstrakurikuler Pendidikan Agama Islam pada Madrasah Umum dan

Madrasah; Panduan Untuk Guru dan Siswa. (2004) Jakarta: Depag RI

Kusuma, D. (2007). Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak Di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.

Pidarta Made, (1988). Pelaksanaan Pendidikan Partisipatori dengan Pendekatan

Sistem. Jakarta: Rineka Cipta

Philip H Combs, (2010). Pelaksanaan Pendidikan, http. Wikipedia Pelaksanaan

Pendidikan.

Ramayulis. (2008). Psikologi Agama. Jakarta: Kalam Mulia

Suryosubroto, B. (2002) Proses Belajar Mengajar di Madrasah; Wawasan Baru, Beberapa Metode Pendukung, dan Beberapa Komponen Layanan Khusus. Jakarta: Rineka Cipta.

Shihab, M.Q. (2002) Tafsir Al-Misbah, Pesan Kesan dan keserasian Al-Quran. Jakarta: Lentera Hati

Sugiono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: CV AlfabetaSobri, dkk. (2009) Pengelolaan Pendidikan, Yogyakarta: Multi Pressindo

Uno, Hamzah. B. (2006) Pelaksanaan Pembelajaran. Gorontalo: PT Bumi Aksara

UUD 1945 Hasil Amandemen dan Proses Amandemen UUD 1945 secara lengkap pertama 1999-keempat 2002. (2002). Jakarta: Sinar Grafika.

William G. Gunningham. 1982. Systematic Planning For Educational Change. First Edition, Mayfield Publising Company, Californ

Published
2022-06-06
Abstract viewed = 47 times
pdf downloaded = 28 times