Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19

  • Nahariah Nahariah Sekolah Tinggi Agama Islam Al Furqan Makassar
  • Devi Armita Universitas Islam Negeri Alauddin makassar, Indonesia
Keywords: Teknologi Pembelajaran, media, Covid-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas tentang pentingnya Teknologi Informasi dalam mengatasi wabah virus covid-19. Berdasarkan laporan terbaru. Berdasarkan data yang diperoleh, menyatakan bahwa ada 175,4 juta pengguna internet di Indonesia telah menggunakan internet. Berdasarkan hasil analisa kualitatif, pengamatan langsung, dapat disimpulkan bahwa internet telah menjadi media yang memberikan informasi ke masyarakat tentang bahaya dan upaya pencegahan Covid 19. Namun, kelemahan dari teknologi informasi diantaranya sulitnya menyaring informasi yang benar atau salah sehingga pengguna harus memilah dan menyikapi setiap informasi yang dibaca dari teknologi internet. Masyarakat perlu mewaspadai wabah virus covid-19 yang telah menyebar ke ratusan negara di dunia, termasuk negara Indonesia. Oleh karena itu, teknologi informasi seharusnya menjangkau ke pelosok desa. Berkaitan dengan aspek kesehatan, teknologi informasi sepatutnya menjangka hingga satuan puskesmas dan terintegrasi dengan rumah sakit perkotaan.

 

References

Andre Kurniawan. (2020). 5 Peran Teknologi dalam Mencegah Penyebaran Virus Corona://www.merdeka.com/jabar, diakses 01 Mei 2020

Agus Tri Haryanto. (2020). Riset: Ada 175,2 Juta Pengguna Internet di Indonesia. https://inet.detik.com/cyberlife, diakses 01 Mei 2020

Anggito, Albi, and Johan Setiawan. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak. Conney Stephanie. (2020). Microsoft Bing Luncurkan Situs Pelacak Virus Corona "Real Time". https://tekno.kompas.com/read, diakses 01 Mei 2020

Basir, A., Kamaliah, K., Harahap, A., Fauzi, A., & Karyanto, B. (2021). How Universities Entrust Digital Literacy to Improve Student Learning Outcomes During the COVID-19 Disruption. Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 6(1), 235-246. https://doi.org/10.25217/ji.v6i1.1146

Cahyono, H., Iswati, I., Yusuf, M., Umar Al Faruq, A. H., & Sidik, M. A. (2021). Pelatihan Shooting Movie Islami Sebagai Media Pembelajaran Siswa SMP Islam Darul Muttaqin. Bulletin of Community Engagement, 1(1), 38-50.

https://doi.org/10.51278/bce.v1i1.86

Fathurahman, F. (2021). Learning Innovation of Qibla Direction with Mobile-Based App by Adapting Computational Thinking. Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 6(1), 211-224. https://doi.org/10.25217/ji.v6i1.981

Khin Than Win. (2004). Information Age, Electronic Health Record and Australia Healthcare, International Journal of The Computer, the Internet and Management Vol.12 No.3

Khadijah, I. (2021). The Competency of Science Teachers in Implementation of Online Learning In Covid-19 Pandemic Period at SMPN 2 Kramatwatu Serang. Bulletin of Science Education, 1(1), 60-67.

https://doi.org/10.51278/bse.v1i1.110

Nasution, Zulkarnaen. (2011). "Konsekuensi Sosial Media Teknologi Komunikasi bagi Masyarakat." Reformasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 1.1

Niluh Putu Aprillia, Peranan Teknologi di Bidang Kesehatan. Jakarta: Kompas.

Pramesti, M., & Amelia, W. (2022). The Development of Animated Video Media in Mathematics Learning Map Scale Material for Grade V Elementary School Students. Bulletin of Pedagogical Research, 2(2), 86-108.

https://doi.org/10.51278/bpr.v2i2.259

Rahayu, Rochani Nani. "Analisis Berita Hoax Covid-19 di Media Sosial di Indonesia."JurnalEkonomi, Sosial & Humaniora 1.09.

Roisatin, U. A., Thamrin, M., & Setiawan, A. W. (2021). The Comparison of English Learning Achievement between Online Learning with Online Based on Multimedia. Bulletin of Science Education, 1(3), 208-216.

https://doi.org/10.51278/bse.v1i3.264

Published
2022-06-10
Abstract viewed = 1609 times
pdf downloaded = 1291 times