Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Akuntansi dengan Menggunakan Pendekatan Realistik Setting Kooperatif pada Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Bone

  • Asaf Asaf SMA Negeri 1 Bone, Indonesia
Keywords: Hasil Belajar Ekonomi Akuntansi, Pendekatan Realistik Setting Kooperatif, Siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Bone

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Bone dan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi/akuntansi melalui penerapan pendekatan realistic setting kooperatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Bone sebanyak 28 Orang. Jenis data yang didapatkan adalah data kuantitatif berupa data hasil belajar dan data kualitatif yang berupa aktifitas siswa selama proses pembelajaran. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan kategorisasi karakteristik. Hasil analisis menunjukkan bahwa pada siklus I hasil belajar 28 orang siswa berada pada kategori sedang dengan skor rata-rata 55,54 dari skor ideal yang dapat dicapai adalah 100 serta standar deviasi 12,19. Sedangkan hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa hasil belajar 28 siswa pada siklus II berada pada kategori tinggi dengan skor rata-rata 71,61 dari skor ideal yang dapat dicapai adalah 100 serta standar deviasi 8,69. Hasil tes pada siklus I terdapat  8 orang siswa yang telah tuntas belajar atau sekitar 28,57 % dari 28 siswa yang menjadi subyek penelitian, pada akhir siklus II terdapat 24 orang siswa atau 85,71% yang mencapai tingkat ketuntasan belajar. Minat, perhatian dan motivasi belajar siswa pada proses pembelajaran makin baik hal ini dapat dilihat pada persentase jumlah siswa yang hadir, kesungguhan siswa mengerjakan tugas yang diberikan, persentase jumlah siswa yang mengajukan pertanyaan, member tanggapan dan jawaban mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil analisis kualitatif dan kuantitatif menunjukkan bahwa hasil belajar ekonomi akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Bone yang diajar melalui pendekatan realistik setting kooperatif mengalami peningkatan.

References

Arikanto, Suharsimi, 2018. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Nella Nurlita. 2019. Penuntun Belajar Ekonomi 1. Bandung: Ganeca.

Isjoni. 2019 Pembelajaran kooperatif. Bandung

Isjoni. 2007. Cooperative Learning: Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfa Beta.

Masnur Muslich. 2009. Melaksanakan PTK Penelitian Tindakan Kelas Itu Mudah. Malang: Bumi Aksara.

Ratumanan, T.G. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: UNESA.

Sudjana, Nana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya. Usman, Uzer. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya

Published
2023-03-17
Abstract viewed = 109 times
PDF downloaded = 56 times