Bias dan Kesetaraan Gender, Peranan Ganda, dan Kekerasan dalam Rumah Tangga

  • Rasdiana Rasdiana STAI Al Furqan Makassar
Keywords: Kesetaraan Gender, Peranan Ganda dan kekerasan dalam rumah tangga

Abstract

Tujuan Penelitian untuk mengetahui bagaimana bias dan kesetaraan gender , peranan ganda dan kekerasan dalam rumah tangga  Jenis penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif, dengan sumber data primer yaitu hasil wawancara pelanggan yang melakukan pembelian dengan model periklanan di e-commerce..Hasil penelitian menunjukkan: Peran-peran dalam keluarga tidak seluruhnya kaku sebagai tugas ibu, ayah, anak laki-laki, atau anak perempuan saja, tetapi ada beberapa tugas atau peran yang dapat dipertukarkan. Sebaiknya, peran-peran yang melekat pada perempuan atau laki-laki di dalam keluarga tidak terjebak pada streotype yang dilekatkan pada perbedaan gender. Kesalahan mendasar pada sistem keluarga, lebih banyak diakibatkan pola pendidikan yang diterapkan orang tua terhadap anak-anaknya yang masih berorientasi pada dogma-dogma patriarkis. Image anak perempuan lebih lemah, rapuh serta berbagai sifat-sifat feminimnya sedangkan anak laki-laki yang dipandang lebih kuat, tidak cengeng dan dengan segala atribut maskulinitasnya mengakibatkan perbedaan perlakuan dan pola pendidikan yang diberikan orang tua dalam kehidupan sehari-hari. Padahal, setiap anak baik perempuan maupun laki-laki memiliki sifat feminim dan maskulin meskipun pada masing-masing jenis kelamin ada sifat yang lebih dominan.Pembiasaan perlakuan dan pembagian peran gender dalam keluarga yang tidak seimbang,

References

Anoraga, Pandji, Psikologi Kerja, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2002.

Asalbessy, John Dirk P, “Dampak Tidak Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak Serta Solusinya,” Vol.16, No.3, Bulan Juli-September 2010.

David, “Cross-Cultural Measurement Invariance of Work/Family Conflict Scales Across English-Speaking Samples” dalam Journal of Occupational Health Psychology, 5(2) tahun 2003.

Denrich Suryadi, Gambaran Konflik Emosional dalam Menentukan Prioritas Peran Ganda,” Jurnal Ilmiah Psikologi Arkhe 1 (Januari, 2004).

Djannah, Fathul, dkk., Kekerasan terhadap Istri, Yogyakarta: LKiS, 2003.

Fakih, Mansour Fakih, Analisis Gender & Transformasi Sosial, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1999.

Fisher, Simon, Mengelola Konflik, Ketrampilan dan Strategi untuk Bertindak, British Council, 2001.

Frone, “Work Family Balance” dalam Journal of Occupational Health Psychology 41(4) tahun 2003.

Greenhaus, Jeffrey, “Work-Family Conflict” dalam Journal of The Academy of Management Review, 4 (5) tahun 2002.

Hasyim, Syafiq, Bebas dari Patriarkhisme Islam, Depok: KataKita, 2010.

Hayati, Elli Nur, Panduan untuk Pendamping Perempuan Korban Kekerasan: Konseling Berwawasan Gender, cet. ke-2, Yogyakarta: Rifka Annisa dan Pustaka Pelajar, 2002.

I. M Hendrarti dan Herudjati Purwoko, Aneka Sifat Kekerasan, Fisik, Simbolik, Birokratik dan struktural, Jakarta: PT. Indeks, 2008.

Kholifah, Skripsi Eksploitasi pada Wanita yang Bekerja sebagai Buruh Pabrik, Surabaya, Fisip Unair, tidak diterbitkan, 1998.

Mulia, Musdah, “Perempuan dan Patriarkhisme Islam,” Pengantar dalam Syafiq Hasyim, Bebas dari Patriarkhisme Islam, Depok: KataKita, 2010.

Nawangsari, Rahma Pramudya, “Nusyuz-Marital Rape (KDRT) Prespektif Perkawinan Islam,” Al-Ahwal, Vol. 3, No. 1, 2012.

Rantika, Renny dan Sunjoyo, “Pengaruh konflik kerja-keluarga terhadap komitmen organisasional yang dimediasi oleh kepuasan kerja pada profesi perawat” dalam Jurnal Manajemen Teori dan Terapan (1) tahun 2011, hal. 30-43.

Ross, The management of conflict: Interpretations and interest in comparative Perspective, Yale University Press, 1993.

Saptari, Ratna Perempuan Kerja dan Perubahan Sosial, Jakarta: PT.Anem Kosong Anem, 1997.

Sciortino, Rosalia, Menuju Kesehatan Madani, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1999.

Suharso dan Ana Retnonogsih, Kamus Besar Bahasa Indonesia, edisi Lux, Semarang: CV. Widya Karya, 2005.

Sukri, Sri Suhandjati dkk, Bias Jender dalam Pemahaman Islam, Yogyakarta: Gama Media, 2002.

Suratiah dkk, Delima Wanita antara Industri Rumah Tangga dan AktifitasDomestik, Yogyakarta: Aditya Media, 1999.

Syukur, Fatahillah A., Mediasi Perkara KDRT (Kekerasan Dalam Rumah Tangga) Teori dan Praktik di Pengadilan Indonesia, Bandung: CV. Mandar Maju, 2011.
Published
2022-07-31
Abstract viewed = 452 times
PDF downloaded = 455 times