Tekhnik Pemeriksaan Jawaban, Pemberian Skor, Konversi Nilai dan Standar Penilaian

  • Ibrahim Ibrahim Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya, Indonesia
  • Muslimah Muslimah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya, Indonesia

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sebagian dari konsep-konsep penilaian antara lain teknik pemeriksaan jawaban, pemberian skor, konversi nilai dan standar penilaian. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kepustakaan (library research), yaitu sejumlah aktivitas yang dilaksanakan dengan cara mengumpulkan data kepustakaan berupa buku-buku, article jurnal, regulasi dan sumber lainnya yang berhubungan dengan teknik pemeriksaan, pemberian skor, konversi nilai dan standar penilaian. Penelitian ini dilakukan dengan mencatat bahan kajian kepustakaan yang telah didapat dan memproses kajian untuk mengeksplorasi data tersebut, kemudian melakukan analisis secara sistematis melalui teori berkenaan dengan konsep dan standar penilaian. Hasil temuan ini menyatakan bahwa pemeriksaan hasil tes objektif biasa dilakukan dengan cara manual; pemberian skor soal objektif tes atau soal pilihan ganda juga soal jenis essay atau uraian setiap butir soal diberi skor bervariasi sesuai dengan bobot, dan tingkat kesulitan soal yang standar penilaiannya mengacu pada ranah afektif, kognitif dan psikomorik. Sedangkan konversi nilai dapat dilakukan guru dengan dua teknik, yaitu menggunakan rata-rata juga simpangan baku dan teknik tanpa menggunakan rata-rata juga simpangan baku. Hasil ulangan semester atau ujian sekolah peserta didik yang dibawah KKM dan tidak memungkinkan untuk melakukan remedial disebabkan waktu pembagian rapot yang sempit, maka salah satu cara mengatasinya dengan mengkonversi nilai tersebut sehingga mencapai KKM yang ditetapkan.

Kata Kunci: Penilaian, Pemeriksaan, Skor, Konversi, Standar

References

Abidin, Zainal. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2009.

Asrul, Rusydi Ananda, dan Rosnita. Evaluasi Pembelajaran. Cetakan kedua. Bandung: Cipta

Pustaka Media, 2015.

Milanta, Yunizar Noor. “Penilaian Hasil Pembelajaran Dengan Sistem Konversi Nilai.”

yunizar.com (blog), 24 April 2010. https://yunizar.com/2010/04/24/penilaian-hasil-

pembelajaran-dengan-sistem-konversi-nilai/.

“Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016, tentang Standar Penilaian Pendidikan.”

Kemendikbud RI, 6 Juni 2016.

Purwanto. Evaluasi Hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016.

Purwanto, M. Ngalim. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Cetakan

kedelapanbelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013.

Sulistyorini. Evaluasi Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Yogyakarta: Teras,

Supriadi, Gito. Pengantar dan Teknik Evaluasi Pembelajaran. Malang: Intimedia, 2011. Suryanto,dkk, Adi. Evaluasi Pembelajaran di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka,

Wulan, Elis Ratna, dan H.A.Rusdiana. Evaluasi Pembelajaran dengan Pendekatan

Kurikulum 2013. Bandung: Pustaka Setia, t. th.

Zulkifli Matondang. Evaluasi Pembelajaran. Medan: Pasca Sarjana Universitas Medan, t.th.

Published
2021-06-27
Abstract viewed = 13 times
pdf downloaded = 16 times