Efektifitas Media Audio Visual Berbasis Youtube untuk Meningkatkan Maharah Istima’ Siswa MI Al Ihsan Banjarwungu

  • Durrotun Nashihah UIN Maulana Malik Ibrahim, Indonesia
  • Munirul Abidin UIN Maulana Malik Ibrahim, Indonesia
Keywords: Efektifitas Media Pembelajaran, Media Audio Visual, Meningkatkan Maharah Istima’

Abstract

Sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi dan semangat belajar siswa, digunakanlah teknologi sebagai media pembelajaran sehingga siswa semakin tertarik untuk mempelajari materi yang telah dipersiapkan guru. Untuk melatih keterampilan menyimak telah dikembangkan beberapa media, seperti contohnya media audio visual, yang memadukan antara unsur suara dan gambar. Penggunaan media ini dapat diaplikasikan melalui salah satu platform media sosial, yaitu youtube, yang sangat diminati masyarakat di era modern ini. Salah satu teknologi yang dimanfaatkan dalam proses pembelajaran adalah media audio visual berbasis youtube pada pembelajaran bahasa Arab. Oleh sebab itu, tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui efektifitas penggunaan media audio visual berbasis youtube dalam meningkatkan maharah istima’ siswa MI Al Ihsan Banjarwungu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pre-eksperimental design berupa one-group pretest-postest design yang membutuhkan data pretest dan posttest. Dari pengumpulan data dan perhitungan uji normalitas menunjukkan hasil dimana uji normalitas yang didapatkan sebesar 0,062 dimana hasil tersebut > 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa data yang dikumpulkan terdistribusi normal. Dilanjutkan pada paired sample t-test dan hasil yang diperoleh sebesar 0,007 dimana hasil tersebut < 0,05 menunjukkan hasil yang signifikan antara sebelum dan setelah perlakuan terhadap sampel.

Kata Kunci: Efektifitas Media Pembelajaran, Media Audio Visual, Meningkatkan Maharah Istima’

References

Anwar, F., Pajarianto, H., Herlina, E., Raharjo, D., Fajriyah, L., Agustina, I., Astuti, D., Hardiansyah, A., Ayu, K., Rahmi, S. E., Alti, M., & Rizki, V. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran: Telaah Perspektif pada Era Society 5.0. CV. Tohar Media. https://toharmedia.co.id

Hamidah, H., & Marsiah, M. (2020). Pembelajaran Maharah Al-Istima’ dengan Memanfaatkan Media Youtube: Problematika dan Solusi. Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 8(2), 147–160. https://doi.org/10.23971/altarib.v8i2.2282

Handayani, S. (2022). Pemanfaatan Video Animasi Youtube Untuk Meningkatkan Pengembangan Maharah Istima’ Bahasa Arab. Al-Tarib, 3(2). https://doi.org/10.30997/tjpba.v%i%.xxxx

Hardani, H., Andriani, H., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Istiqomah, R. R., Fardani, R. A., Sukmana, D. J., & Auliya, N. H. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif (1st ed.). CV. Pustaka Ilmu.

Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., Rahmat, A., Masdiana, M., & P, I. M. I. (2021). Media Pembelajaran. Penerbit Tahta Media Grup.

Jabbar, M. A., Kahar, F., & Wahyudin, W. (2022). Penggunaan Media YouTube dalam Meningkatkan Keterampilan Mendengar Bahasa Arab Kelas X MA Al-Ikhlas Labunti Raha Sulawesi Tenggara. Education and Learning Journal, 3(2), 108. https://doi.org/10.33096/eljour.v3i2.176

Rahmawati, N. (2019). Pengaruh Media Audio Visual terhadap Pemahaman Maharoh Istima’ Bahasa Arab. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 2(02), 217–231. https://doi.org/10.37542/iq.v2i02.34

Rahmi Mudia, A., Putri Tipa, A., Silalahi, D. E., Fitriyah, L. A., Hafidhah, H., Akbar, Muh. R., Arifiyanto, T., Herman, H., Malahayati, eva N., Hapsari, S., Jubaidah, W., Yanuarto, W. N., Agustianti, R., & Kurniawan, A. (2022). Media Pembelajaran (1st ed.). PT Global Eksekutif Teknologi. www.globaleksekutifteknologi.co.id

Ramli, M. (2012). Media dan Teknologi Pembelajaran. IAIN Antasari Press.

Rukmantara, R. A., & Gumiandari, S. (2022). Penggunaan Audio Visual Youtube “Arabic Podcast” Pada Pembelajaran Maharah Kalam di SMA Muhammadiyah 4 Depok. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5).

Saepudin, saepudin. (2012). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Arab: Teori dan Aplikasi. Trust Media Publishing.

Thuaimah, R. A. (n.d.). -Marja’ fi Ta’lim al-Lughoh al-‘Arabiyah li an-Natiqiina bi Lughot Ukhro. mi’ah Umm al-Quro Ma’had al-Lughoh al-‘Arabiyah Wahdah al-Buhuts wa al-Manahij Silsilah Dirosat fi Ta’lim al-‘Arabiyah.

Uji Normalitas dan Penelitian Kuantitatif. (2022). https://informatika.uc.ac.id/2022/12/uji-normalitas-dan-penelitian-kuantitatif/

Published
2023-10-07
Abstract viewed = 244 times
PDF downloaded = 213 times