Tantangan dan Inovasi Dalam Pengembangan Kurikulum untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Islam
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki konsep inovatif dalam pengembangan kurikulum untuk meningkatkan kualitas pendidikan Islam dengan memperhatikan tantangan yang dihadapi serta mencari solusi yang tepat. Melalui pendekatan yang holistik, penelitian ini mengidentifikasi tantangan utama dalam pengembangan kurikulum pendidikan Islam, seperti kebutuhan akan integrasi teknologi, respons terhadap perubahan sosial dan ekonomi, serta pelestarian nilai-nilai Islam. Dengan menggabungkan data kualitatif dan kuantitatif, penelitian ini mengusulkan konsep inovatif untuk mengatasi tantangan tersebut, seperti pengembangan kurikulum yang responsif, penguatan pelatihan guru, dan integrasi teknologi dalam pembelajaran Islam. Temuan ini memberikan kontribusi yang berharga bagi pengembangan kurikulum pendidikan Islam yang relevan, berdaya saing, dan berkesinambungan.
References
Deden Makbulloh, Manajemen Mutu Pendidikan Agama Islam: Model Pengembangan Teori Dan Aplikasi Sistem Penjaminan Mutu (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011).
Kusnandar, Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007).
Suyanto, Wajah Dan Dinamika Pendidikan (Yogyakarta: Adi Cita, 2008).
Miftah Mucharomah, “Guru Di Era Milenial Dalam Bingkai Rahmatan Lil Alamin,” Edukasia Islamika, December 8, 2017, 172–90, https://doi.org/10.28918/jei.v2i2.1667.
Mucharomah, “Guru Di Era Milenial Dalam Bingkai Rahmatan Lil Alamin.”
Wiji Hidayati, Pengembangan Kurikulum (Yogyakarta: Pedagogia, 2012).
Wina Sanjaya, Kurikulum Pembelajaran: Teori Dan Praktek Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2009).