Peningkatan Kualitas Administrasi Pendidikan Melalui Pengembangan Sistem Informasi Manajemen di SMA Negeri 10 Makassar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pengembangan Sistem Informasi Manajemen (SIM) dalam meningkatkan kualitas administrasi pendidikan di SMA Negeri 10 Makassar. SIM memiliki potensi untuk mempercepat proses administrasi, meningkatkan akurasi data, serta memudahkan pengambilan keputusan bagi pihak sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan SIM mampu mengurangi tingkat kesalahan administrasi, mempercepat akses informasi, serta meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan data akademik dan non-akademik. Oleh karena itu, pengembangan SIM yang terintegrasi menjadi solusi strategis dalam meningkatkan kualitas administrasi pendidikan.
References
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches.
Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology.
Ghazali, I. (2016). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Jakarta: Gramedia.
Hasbullah. (2015). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers. Laudon, K. Hidayat, R., Fadhilah, N., &
Suryanto, A. (2020). Implementasi Sistem Informasi Manajemen di Sekolah Menengah. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan, 12(1), 45-55.
Jones, R., & Brown, K. (2020). Reducing Human Error through Computerized Systems. Journal of Data Management, 45(3), 215-230.
Laudon, K. C., & Laudon, J. P. (2020). Management Information Systems: Managing the Digital Firm. Lee, S., Kim,
J., & Park, H. (2019). Efficiency and Accuracy of Computerized Data Systems. International Journal of Information Systems, 34(4), 145-160.
Miller, D. (2018). Audit Trails in Computerized Data Management. IT and Management Review, 29(2), 98-112.
Nguyen, L., & Tran, P. (2022). Data Integration Techniques for Enhanced Accuracy. Computer Science Review, 47(1), 305-320.
Sagala, S. (2018). Manajemen Pendidikan Kontemporer. Bandung: Alfabeta.
Suryadi, D. (2020). Implementasi Sistem Informasi Pendidikan di Era Digital. Bandung: Alfabeta.
Suryosubroto, B. (2004). Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Susanto, E. (2021). Implementasi Sistem Informasi Manajemen dalam Pengelolaan Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sari, D. A., & Nugroho, B. (2021). Analisis Peran SIM dalam Meningkatkan Efisiensi Pengelolaan Data Akademik. Jurnal Teknologi Pendidikan Berbasis Digital, 10(4), 67-80.
Setiawan, Y. (2021). Sistem Informasi Manajemen untuk Pengurangan Biaya Operasional di Lingkungan Pendidikan. Jurnal Ekonomi dan Manajemen Pendidikan, 6(1), 33-47.
Smith, A. (2021). Automated Validation in Data Systems. Journal of Applied Computer Science, 52(7), 58-74.
Laudon, J. P. (2020). Management Information Systems: Managing the Digital Firm.
Mulyasa, E. (2018). Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Pratama, D. A., & Widodo, R. (2023). Efektivitas Sistem Informasi Akademik dalam Pengelolaan Data di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Indonesia, 8(2), 123-135.
Putra, M. A., & Rahman, F. (2022). Pengaruh Penerapan Sistem Informasi Manajemen terhadap Efisiensi Administrasi Sekolah. Jurnal Sistem Informasi Sekolah Digital, 5(3), 98-112.
Yin, R. K. (2018). Case Study Research and Applications: Design and Methods.
Wahyudi, A. (2019). Administrasi Pendidikan: Teori dan Praktik. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Wahjosumidjo. (2017). Administrasi Pendidikan: Teori dan Praktik. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Wahyudi, A. (2019). Tantangan Implementasi Teknologi Informasi di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.