Strategi Pembelajaran Inquiring Minds Want to Know untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah di Kelas X-2 SMAN Model Terpadu Madani Palu

  • Salbi Salbi Universitas Tadulako. Palu, Indonesia
Keywords: Inquiring Minds Want to Know, Keaktifan Belajar, Pembelajaran Sejarah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran sejarah melalui strategi inquiring minds want to know di kelas X-2 SMAN Model Terpadu Madani Palu. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, di mana setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 37 siswa kelas X-2. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, dan dokumentasi untuk memperoleh gambaran keaktifan belajar siswa selama proses pembelajaran.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam keaktifan belajar siswa, yakni dari 41,44% pada prasiklus, meningkat menjadi 79,28% pada siklus I, dan 85,59% pada siklus II. Peningkatan ini mencerminkan bahwa strategi inquiring minds want to know mampu merangsang rasa ingin tahu siswa, mendorong mereka untuk lebih aktif bertanya, menjawab, serta berdiskusi dalam kelas. Dengan demikian, strategi ini terbukti efektif dalam menciptakan suasana pembelajaran sejarah yang lebih hidup, interaktif, serta berpusat pada siswa.

References

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Budi Raharjo. 2021. "Peningkatan Hasil Belajar Siswa SMP 2 Barat Supat Dengan Menerapkan Model Inquiring Minds Want To Know". Wahana Didakta, 19 (3): 37

Hasan Sayfullah. Dkk. 2020. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Inspiratif. Indramayu: Adanu Abimata

Hisyam Zaini. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif, (Yogyakarta : Pustaka Insan Madani.

I Nyoman Ardika Widana dkk. "Penerapan Inquiring Minds Want To Know Dalam Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Kelas X TKJ II di SMK N 2

Seririt Pada Tahun Ajaran 2018/2019". Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 8 (2): 69

Joko Sayono. 2013. “Pembelajaran Sejarah di Sekolah: Dari Pragmatis Ke Idealis.” Jurnal Sejarah Dan Budaya 7(1): 14

Sagala, S. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Septiani & Kamil. 2024. Implementasi Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas IV SDIT. At-Taksis: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1)

Melvin L.Siberman. 2004. 101 Active Learning Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung :PT.Nuansa

Nur Soleh. 2023. "Implementasi Strategi Inquiring Minds Want To Know Dalam Meningkatkan Motivas Belajar Siswa". Jurnal Pendidikan YPAIR, 1 (2): 23

Umi Nasikhah. 2020. “Strategi Pembelajaran Aktif Sebagai Upaya Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Di Kelas.” Tarbiya Islamica: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1 (1): 62

Published
2025-09-26
Abstract viewed = 32 times
PDF downloaded = 10 times