Meningkatkan KemampuaMenulis Teks Pidato melalui Model Pembelajaran Project Based Learning pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Palu

  • Kastury Kastury Universitas Tadulako Palu, Sulawesi Tengah, Indonesia
  • Juniati Juniati Universitas Tadulako Palu, Sulawesi Tengah, Indonesia
Keywords: Kemampuan Menulis, Pembelajaran, Project Based Learning, Siswa

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan implementasi Model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan menulis pidato siswa kelas VII SMP Negeri 9 Palu. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Rancangan penelitian tindakan kelas ini menggunakan model penelitian yang dikembangkan oleh Kemis dan MC. Taggart yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap: (1) pra tindakan, (2) perencanaan, (3) pelaksanaan tindakan, (4) observasi, dan (5) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Palu pada tahun ajaran 2023/2024. Subjeknya adalah 36 siswa kelas XI D. Teknik analisis data penelitian ini adalah membandingkan hasil tes awal dan akhir evaluasi hasil belajar siswa serta observasi aktivitas guru dan siswa di setiap siklus. Observasi pada siklus I menunjukkan aktivitas guru mencapai 67% (kategori: kurang), meningkat menjadi 87% (kategori: baik) pada siklus II. Aktivitas siswa juga meningkat dari 66% (kategori: kurang) pada siklus I menjadi 89% (kategori: baik) pada siklus II. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu siklus I ketuntasan belajar klasikal (63%) meningkat menjadi (80%) pada siklus II dan menunjukkan peningkatan sebesar 17%. Hipotesis tindakan penelitian ini diterima, yaitu terdapat peningkatan kemampuan siswa dengan menerapkan Model Problem Based Learning (PBL). Dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Problem Based Learning (PBL) efektif meningkatkan kemampuan menulis pidato siswa kelas VIII  SMP Negeri 9 Palu..

References

Anung P W, R., & A P, B. (2018). Penerapan Problem Based Learning Pada Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Tertulis Siswa Kelas X Mipa. Jurnal Biogenesis, 14(2), 29–36.

Arikunto, S. (1990). Evaluasi Hasil Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. CV Kaaffah Learning Center. Pare-Pare: CV Kaaffah Learning Center.

Firdauzi, F. S., Widiantie, R., & Handayani, H. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dipadu Metode Debat Terhadap Kemampuan Berargumentasi. Quagga : Jurnal Pendidikan dan Biologi, 11(1), 51. https://doi.org/10.25134/quagga.v11i1.1633

Fitri, R., Bentri, A., & Mayar, F. (2020). Hubungan Antara Konsep Diri dan Kecerdasan Linguistik Dengan Kepercayaan Diri Siswa Kelas V Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 11(1), 67–74. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v11i1.1934

Haerullah, A., & Hasan, S. (2017). Model & Pendekatan Pembelajaran Inovatif (Teori dan Aplikasi).

Hawa Aulia, F., & Fatonah, K. (2024). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Pidato melalui Model Problem Based Learning Untuk Siswa Kelas VI SDN Cengkareng Timur 15 Pagi Jakarta. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 17(1), 1–12. https://doi.org/10.33369/pgsd.17.1.1-12

Kasim, A. (2022). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Debat Dalam Meningkatkan Kemampuan Berargumentasi Dan Hasil Belajar IPS Siswa UPT SPF SDN Beroanging Makassar, 1–92.

Sohimin, A. (2017). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Ar Ruzz Media.

Suparno dan Endy. (2005). Keterampilan Membaca Dan Menulis. Convention Center Di Kota Tegal (Vol. 4).

Wiguna, S., Rasyid, Y., & Purbarini, A. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Pidato Melalui Model Problem Based Learning. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 52–58. Diambil dari https://core.ac.uk/download/pdf/304921749.pdf

Yusuf Aditya, D. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 165–174. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1023

Zain, M. Y. (2020). Peningkatan Kemampuan Berargumentasi Dan Hasil Belajar Dengan Metode Debat Aktif Materi Perkembangan Faham Baru Dan Munculnya Pergerakan Nasional Indonesia Pada Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 4 Bangkalan Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan Lampu, 27–41.

Published
2025-09-18
Abstract viewed = 42 times
PDF downloaded = 4 times