Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) pada Mata Pelajaran Matematika Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Di Kelas VII G SMPN 6 Palu
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penerapan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII G di SMPN 6 Palu. Subjek penelitian ini terdiri dari 38 peserta didik, yang terdiri dari 18 perempuan dan 20 laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dimana setiap siklus mencakup perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan peningkatan dari siklus 2 ke siklus 3, dengan persentase keterlaksanaan masing-masing sebesar 89% dan 93%. Peningkatan ini mencerminkan perbaikan dalam interaksi guru-siswa dan pemberian umpan balik yang lebih terarah.Data hasil belajar menunjukkan peningkatan yang signifikan. Pada siklus 2, rata-rata nilai post-test siswa adalah 65, dengan 61% siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Pada siklus 3, rata-rata nilai post-test meningkat menjadi 80, dengan 86% siswa mencapai KKM. Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan TaRL efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa.Selain itu, respon siswa terhadap penerapan pendekatan TaRL positif, dimana siswa merasa lebih termotivasi dan antusias dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar pendekatan TaRL dapat diadopsi dalam pembelajaran matematika dan mata pelajaran lainnya untuk membantu siswa mencapai hasil belajar yang optimal.
References
Attahira, N., Yunus, S. R., & Nasarullah, N. (2023). Penerapan Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 5(3), 32-38.
Banerjee, A., Cole, S., Duflo, E., & Linden, L. (2016). Remedying Education: Evidence from Two Randomized Experiments in India. The Quarterly Journal of Economics, 122(3), 1235-1264.
Fimansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Judika (Jurnal Pendidikan UNSIKA), 3(1).
Kemmis, Carr. 2000. The action Researce Planner 3rd Ed. Victoria: Deaklin University.
Lestari, W. (2017). Pengaruh kemampuan awal matematika dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Analisa, 3(1), 76-84.
Peto, J. (2022). Melalui Model Teaching at Right Level (TARL) metode pemberian tugas untuk meningkatkan penguatan karakter dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran bahasa inggris kd. 3.4/4.4 materi narrative text di kelas x. ipk. 3 man 2 kota payakumbuh semester. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12419-12433.