Upaya Penerapan Pendidikan Karakter Di SMP Muhammadiyah Baubau

  • Ima Ismail Sekolah Tinggi Agama Islam YPIQ Baubau
Keywords: Pendidikan Karakter

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui(1) Bagaimana upaya penerapan Pendidikan Karakter di SMP Muhammadiyah Baubau? (2) Apa saja yang menjadi faktor menghambat dalam upaya penerapan pendidikan karakter di SMP Muhammadiyah Baubau? Hasil penelitian: (1) Bagaimana upaya penerapan Pendidikan Karakter di SMP Muhammadiyah Baubau, peserta didik dapat terbentuk menjadi insan yang berakhlakul karimah, mandiri, jujur, peduli sahabat, toleransi, peduli sosial, sikap demokratis, bertanggung jawab, peduli lingkungan dan religius. Walaupun tidak semua peserta didik mempunyai karakter yang baik dengan adanya peraturan sekolah dan pendidik.(2) Faktor penghambat/kendala sekolah dalam upaya penerapan pendidikan karakter di SMP Muhammadiyah Baubau adalah Saraana dan prasarana yang kurang memadai/gedung yang kurang proposional, faktor lingkungan yang kurang kondusif sehingga tidak terdukungnya program kegiatan sekolah, kondisi siswa yang kurang memahami nilai-nilai karakter dan adanya pengaruh negatif dari dunia luar sehingga siswa merasakan malas dalam kegaiatan.

 

References

Abdul Majid Khon, Ulumul Hadis, (ttp: Pusat Studi wanita, 2005)
Abdullah Munir, Pendidikan Karakter (membangun Karakter Anak Sejak dari Rumah), (Yogyakarta: Pedagogia, 2010)
Abuddin Nata, Kapita Selekta Pendidikan Islam: Isu-isu Kontemporer tentang Pendidikan Islam, (Jakarta: Rajawali Pers, 2012), h. 163.
Albertus, Koesoema, Doni. Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global, Jakarta: Kompas Gramedia, 2011

Al-Fandi, Haryanto. Desain Pembelajaran yang Demokratis & Humanis,Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.

Al-Qu’an dan Terjemahannya 30 Juz, Wisma Haji Tugu Bogor, 2007

Arikunto, Suharsimi.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik , Edisi Revisi, Cet. 14, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Beni,Ahmad Saebani dan Hamdani Hamid. Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Bandung: Cv. Pustaka Setia, 2013

Damiyati, Zuhdan dan Muhsinatun, Model Pendidikan Karakter, Yogyakarta: KDT, 2013.





Dian, Andayani dan Abdul Majid. Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.

Fauzil Adhim, Cara-cara Islami Mengembangkan Karakter Positif Pada Anak Anda, Bandung: Mizan, 2006.

Gunawan, Heri.Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung, Cv, Alfabeta, 2012.

Hidayatullah, Furqon. Pendidikan Karakter Membangun Peradaban Bangsa,
Surakarta: Yuma Pressindo, 2010

http://TIM Penelitian Program DPP Bakat Minat dan Keterampilan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Pendidikan Karakter (Pengalaman Implementasi Pendidikan di Sekolah), (Yogyakarta: Aura pustaka, 2011)

Kasiram, Moh.Metode Penelitian Kuantitatif-Kualitatif, Cet. 2, Yogyakarta: UIN- Maliki Press, 2010.
Lickona, Thomas. Pendidikan Karakter Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik, Bandung: Nusa Media, 2013

M. Arifin, dan Barnawi.Strategi dan kebijakan pembelajaran pendidikan Karakter, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.

M. Mahbubi, Pendidikan Karakter, Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Muhammad Anis Matta, Membentuk Karakter Cara Islami, Jakarta: Al-I‟tishom Cahaya Umat, 2003.

Masnur, Muslich. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2011.

Moleong, Lexy J.Metodologi Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi, Cet. 31, Bandung: Rosda Karya, 2013
Mulyasa, Manajemen Pendidikan Karakter, Jakarta: Pt Bumi Aksara, 2011. Safuan Alfandi, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, (Solo: Sendang Ilmu, 2002) Sri Lestari, Psikologi Keluarga Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik dalam
Keluarga, Jakarta: Kencana, 2012.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Cet. 16, Bandung
: Alfabeta, 2011
Published
2022-06-10
Abstract viewed = 30 times
pdf downloaded = 36 times