Analisis Pembelajaran Online Pada Saat Pandemi Covid-19 di STAI Al Furqan Makassar

  • Muamar Asykur Sekolah Tinggi Agama Islam Al Furqan Makassar
  • Kaharuddin Kaharuddin Sekolah Tinggi Agama Islam Al Furqan Makassar
  • Muh Ridwansyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al Furqan Makassar
Keywords: Pembelajaran online, mahasiswa, e-study, e-learning, COVID-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana evaluasi pelaksanaan pembelajaran online pada saat masa pandemi. Covid 19 di STAI Al Furqan Makassar Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif online survey. Populasinya mahasiswa Prodi S1 di STAI Al Furqan Makassar. yang mengikuti pembelajaran online dan bersedia mengisi google-form sejumlah  80 mahasiswa. Hasil penelitian adalah bahwa sebagian besar mahasiswa merasa tidak nyaman dengan pembelajaran online (65,2%), sebagian besar mahasiswa memilih pembelajaran dengan media non audio visual (54,3%), hampir sebagian mahasiswa memilih pembelajaran dengan media tatap layar atau online (31,5%) dan hampir sebagian mahasiswa menginginkan cara pembelajaran yang interaktif (31,5%).

References

Adijaya, Nuryansyah; Santosa, L. P. (2018). Persepsi Mahasiswa Dalam Pembelajaran Online,
10 No. 2 S(Universitas Esa Unggul, Jakarta). Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/wanastra
Adisuwignjo, S. (2020). Panduan Pembelajaran Daring Dalam Rangka Menghadapi Pandemi Covid19. Malang: Politehnik Negeri Malang.
Anhusadar, L. O. (2020). Persepsi Mahasiswa PIAUD terhadap Kuliah Online di Masa Pandemi Covid 19. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(April 2020), 44. Retrieved from http://ejournal.uin- suska.ac.id/index.php/KINDERGARTEN/article/view/9609/4979
Ariefa, F. N. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19. Info Singkat Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI, 12(April 2020), 13.
Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, K. R. (2020). Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Semester Gasal 20/21. Jakarta: Kemendikbud RI.
Fatma, D. W. A. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 2 N(April 2020), 55–61.
Hunaepi; Samsuri, Taufik; Afrilyana, M. (2014). Model Pembelajaran Langsung: Teori dan Praktik. (S. Muhali; Fitriani, Herdiyana; Prayogi, Ed.). Mataram: Duta Pustaka Ilmu.
Ika. (2020). Membedah Tantangan Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Retrieved July 15, 2020, from https://ugm.ac.id/id/berita/19552-membedah-tantangan- pembelajaran-daring-di-tengah-pandemi-covid-19
Ikhwan, A. N. (2020). Penggunaan Software Dalam Pembelajaran Kampus di Masa Pandemi Covid-19. Medan. Retrieved from https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact= 8&ved=2ahUKEwjbuZqD_s7qAhWLH7cAHQJZBPAQFjAAegQIARAB&url=https%3 A%2F%2Fosf.io%2Fqcgye%2Fdownload%2F%3Fformat%3Dpdf&usg=AOvVaw1Yf9Z Z8TdKr7FW_o8tuirL
Irhandayaningsih, A. (2020). Pengukuran Literasi Digital Pada Peserta Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. Anuva: Jurnal Kajian Budaya …, 4(2), 231–240.
Jamaluddin, Dindin; Ratnasih, Teti; Gunawan, Heri; Paujiah, E. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 Pada Calon Guru: Hambatan, Solusi Dan Proyeksi. Kementerian Riset Dan Teknologi - Badan Riset Dan Inovasi Nasional Republik Indonesia, (21 Apr 2020). Retrieved from http://sinta.ristekbrin.go.id/covid/penelitian/detail/176
Kemendikbud RI. Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (COVID- 19), Pub. L. No. 36962/MPK.A/HK/2020 (2020). Indonesia: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pembelajaran-secara- daring-dan-bekerja-dari-rumah-untuk-mencegah-penyebaran-covid19. Retrieved from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pembelajaran-secara- daring-dan-bekerja-dari-rumah-untuk-mencegah-penyebaran-covid19
Kemendikbud RI. Penerapan Pembelajaran Daring dengan Google Classroom, Pub. L. No.
363/E.E2/KR/2020 (2020). Indonesia.
Khusniyah, H. N. L. L. (2019). Efektifitas Pembelajaran Berbasis Daring: Sebuah Bukti Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Tatsqif: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan, 17(Juni 2019).
Kusnayat, A. dkk. (2020). Pengaruh Teknologi Pembelajaran Kuliah Online Di Era Covid-19 Dan Dampaknya. Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2)(Juni 2020), 153–
165. Retrieved from http://ejurnal.umri.ac.id/index.php/eduteach/article/view/1987 Miftah, M. (2013). Penerapan Teori Belajar Dan Desain Instruksional Dalam Program Mobile
Learning. Jurnal Kwangsan, Vol. I-N(September 2013).
Mustofa. dkk. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo J Inf Technology, 1(2019). Retrieved from https://journal.walisongo.ac.id/index.php/jit/article/view/4067/2299
Nakayama, Minoru; Kouichi, Mutsuura; Yamamoto, H. (2014). Impact of Learner’s Characteristics and Learning Behaviour on Learning Performance during a Fully Online Course. The Electronic Journal of E-Learning, 12(2014). Retrieved from www.ejel.org
Nurjani; Rahmah, J., & Muhammad, S. (2019). Hasil Belajar Geometri Siswa SMP dengan Menerapkan Pembelajaran Berbasis E-learning. Jurnal Peluang, Vol. 7, No(Juni 2019), 185.
Putrawangsa, S. (2018). Desain pembelajaran. Design Research sebagai Pendekatan Desain Pembelajaran. (Hasanah, Ed.) (1 ed). Mataram: CV. Reka Karya Amerta; 2018.
Safriana, L. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran Role Play Terhadap Hasil Belajar Issu Etik Dalam Praktik Kebidanan Pada Mahasiswa Kebidanan Stikes Aisyiyah Surakarta.
Surakarta. Retrieved from https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/40566/Pengaruh- Metode-Pembelajaran-Role-Play-Terhadap-Hasil-Belajar-Issu-Etik-Dalam-Praktik- Kebidanan-Pada-Mahasiswa-Kebidanan-Stikes-Aisyiyah-Surakarta
Sanjaya, W. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Setiawan, P. (2020). Pengertian E-learning – Karakteristik, Manfaat, Kelebihan, Kekurangan,
Jenis, Komponen, Para Ahli. Retrieved from
https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-e-learning/
Sevima. (2020). New Normal Pembelajaran di Perguruan Tinggi Pasca Pandemi Covid-19. Retrieved July 15, 2020, from https://sevima.com/new-normal-pembelajaran-di- perguruan-tinggi-pasca-pandemi-covid-19/
SKB 4 Menteri. (2020). Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran TA 20/21 Di Era Pandemi COVID19. Jakarta: Kemendikbud.
Sukmadinata, N. S. E. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: Refika Aditama; 2012. Bandung: Refika Aditama.
Suparman, M. A. (2014). Desain Instruksional Modern (4th ed). Jakarta: Penerbit Erlangga. Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu
Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan
Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072
Winarno, W; Setiawan, J. (2013). Penerapan Sistem E-Learning pada Komunitas Pendidikan Sekolah Rumah (Home Schooling). Ultima InfoSys :Jurnal Ilmu Sistem Informasi / Articles, Vol 4 No 1(30 Juni 2013). Retrieved from http://ejournals.umn.ac.id/index.php/SI/article/view/241
Zhafira, Nabila Hilmy; Ertika, Y. C. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4(Fakultas Ekonomi Universitas Teuku Umar).
Zhi Feng Lin, Eric; Lin, C. H. (2015). The Effect of Teacher Student Interaction on Students ’ Learning Achievement in Online Tutoring Environment. International Journal of Technical Research and Applications, 22(July, 2015).
Published
2022-06-30
Abstract viewed = 277 times
pdf downloaded = 84 times