Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SMA Negeri 21 Makassar
Abstract
Penelitian ini membahas tentang strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri 21 Makassar, tujuannya untuk mengetahui strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri 21 Makassar, mutunya, faktor pendukung dan penghambat serta alternatif kepala sekolah menghadapi hambatan dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri 21 Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri 21 Makassar meliputi: komitmen kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan, merumuskan visi-misi pendidikan, membentuk team work sebagai penggerak mutu, membagi wewenang dan tanggung jawab, melengkapi sarana-pra sarana sesuai kebutuhan sekolah, memberdayakan seluruh komponen sekolah, mengontrol seluruh kegiatan sekolah, dan evaluasi setiap diri untuk meningkatkan kinerja. Mutu pendidikannya meliputi: inputnya baik, proses berjalan efektif dan efesien, outputnya baik karena banyak berhasil masuk Universitas Negeri dan outcome baik, karena mendapatkan apresiasi di masyarakat. Faktor pendukungnya meliputi: Kepemimpinan yang ramah dan tidak sentralistik, sarana-pra sarana memadai, SDM (profesionalisme), team work yang baik, dukungan seluruh komponen sekolah dan masyarakat. Foktor penghambatnya meliputi: Rendahnya sarana, rendahnya kualitas guru, rendahnya prestasi siswa, mahalnya biaya pendidikan bagi sekolah sebelum ada dana bantuan dari APBN, dan alternatifnya meliputi: Evaluasi kepala sekolah terhadap; sarana pra sarana agar ditingkatkan sesuai kebutuah siswa, Pelatihan dan Ditlat bagi guru dan staf untuk meningkatkan profesionalisme mereka, mengadakan bimbingan secara kontinew bagi seluruh siswa untuk meningkatkan kecerdasan dan mengembangkan bakat mereka, briping setiap hari bersama team work untuk saling berbagi informasi tentang kemajuan dan kemunduran sekolah, dan bermusyawara bersama seluruh stake holders jika ada persoalan besar yang harus diselesaikan.
References
Abuddin Nata, Manajemen Pendidikan (Jakarta: Prenada Media, 2003), 159.
Asnawan, A. (2021). Enhancement Integrated Quality Management in Islamic Education Institutions. Bulletin of Science Education, 1(1), 42-49. https://doi.org/10.51278/bse.v1i1.108
E. Mulyasa, Menjadi Kepala Sekolah Profesional Dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2004), h. 25
E. Mulyasa, Menjadi Kepala Sekolah Profesional Dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK., 2004, h. 25
Wahyudi, Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajaran, ( Leaning Organisation) (Cet. II, CV. Alfabeta, 2006), h. 29-30-31-32
Abuddin Nata, Paradigma Pendidikan Islam (Cet. I; Jakarta: PT. Grasindo, 2001), h. 133
Mahmud Yunus, Kamus Arab Indonesia (Bandung : Al-Ma’arif, 1984), h. 110
M. N. Nasution, Manajemen Mutu Terpadu (Cet. III; Jakarta: Ghalia Indonesia, 2004), h. 15
Muhammad Utsman el-Muhammady, Pemurnian Tasawuf oleh Imam Al-Ghazali,www/ Scribd/com/doc/2917072/ tgl. 19 November 2014
Mulyoso, Manajemen Organisasi dan Organisasi Pendidikan (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2008),h. 144
M. Quraish Shihab, Menabur Pesan Ilahi (Jakarta: Lentara Hati, 2006). h. 380
Anwar Arifin, Strategi Komunikasi, (Bandung: Armilo, 1984), 59
David Hunger dan Thomas L. Wheelen, Manajemen Strategi, (Yogyakarta: Andi, 2003).
Romlah, O. Y., Bodho, S., Latief, S., & Akbar, H. (2021). Empowering the Quality of School Resources in Improving the Quality of Education. https://doi.org/10.51278/bse.v1i1.109
Soejipti dan Raflis Kosasi, Profesi Guru (Cet. 1; Jakarta: Rineka Cipta, 1999), h. 130
Sumarsono, S., Subandi, S., & Imam, S. I. (2021). The Role of School Principal in Learning Islamic Religious Education in SD Negeri 01 Kayu Batugunung Labuhan Way Kanan. Bulletin of Pedagogical Research, 1(1), 54-69.
https://doi.org/10.51278/bpr.v1i1.178
Sudarwan Danim, Inovasi Pendidikan Dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan (Cet.1; Bandung: CV. Pustaka Setia, 2002), h. 145
Trihastuti, M., Latief, S., & Kholid, M. R. (2021). The Influence of Teachers' Leadership and Motivation on Social Science Learning Outcomes MA Yahisha Cihampelas Bandung. Bulletin of Science Education, 1(2), 136-144.
https://doi.org/10.51278/bse.v1i2.184
Timang, Y. Y., Limbong, M., & Sitepu, I. V. (2021). The Effect of School Leadership and Teacher Training on Teacher Performance at Senior High School 1 Tondon North Toraja District. Bulletin of Science Education, 1(3), 191-207.
https://doi.org/10.51278/bse.v1i3.222
John M. Echolis, Hasan Shadily, Kamus Inggris Indonesia (Cet. XVI; Jakarta: Gramedia, 1988), h. 460
Lukman Ali, Kamus Besar bahasa Indonesia (Cet. IV; Jakarta : Balai Pustaka, 1995), h. 677