Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Jeneponto
Abstract
Penelitian ini Bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Untuk mengetahui program-program kegiatan Pendidikan Agama Islam yang dilakukan oleh SMA Negeri 1 Jeneponto. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif, yaitu metode penelitian non- hipotesis yang langkah penelitiannya tidak perlu merumuskan hipotesis. Sifat dari metode deskriptif, adalah menuturkan dan menafsirkan data yang ada, kemudian data diolah dengan menggunakan rumus Prosentase. Sedangkan teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara, dan angket. Teknik pengambilan sample ditetapkan secara purposive sampling (sampel bertujuan). Adapun jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 83 siswa atau 10% dari jumlah populasi 830 siswa.Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan didapat sebuah kesimpulan bahwasannya pembelajaran pendidikan agama islam di SMA Negeri 1 Jeneponto telah berjalan dengan baik, hal ini dapat dilihat dari hasil angket pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang selalu menunjukan nilai yang positif. Namun terdapat catatan dalam hal penggunaan dan pemanfaatan media pembelajaran yang masih dinilai kurang baik. Program-program kegiatan keagamaan di SMA Negeri 1 Jeneponto terencana dan terlaksana dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari program-program kegiatan rutin jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang yang di antaranya tadarus al-qur’an, shalat dhuha, shalat berjamaah, BBQ (Bimbingan Belajar Qur’an), peringatan Maulid Nabi Muhammad saw, peringatan Isra’ Mi’raj, dan lain sebagainya.
References
Ahmad D. Marimba. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Al-Ma’arif, 201.
Anas Sudijono. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo, 2015.
Anwar Chairul, Hakikat Manusia Dalam Pendidikan, Sebuah Tinjauan Filosofis.
Yogyakarta: Suka-Press, 201
Bambang Warsita. TEKNOLOGI PEMBELAJARAN Landasan dan Aplikasinya.
Jakarta:Rineka Cipta, 201.
Cholid Narbuko, H.Abu Ahmadi. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2013.
Dakir, Sardimi. Pendidikan Islam dan ESQ komparasi-integratif Upaya Menuju Stadium Insan Kamil. Semarang: RaSAIL Media Group, 2016.
Deden Makbulo. Pendidikan Agama Islam Arah Baru Pengembangan Ilmu dan Kepribadian di Perguruan Tingggi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2013.
Departemen Agama RI. Al-Aliyy: Al-Qur’an dan Terjemahanya. Bandung: Diponegoro, 2015.
Jumberansyah Indar. Filsafat Pendidikan. Surabaya: Karya Aditama, 2016.
Karwono, Heni Mularsih. Belajar dan Pembelajaran serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Jakarta: Rajawali Pers, 2013.
Oemar Hamalik. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2015.
Rohmat Maulana. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta, 2013.
Rois Mahfud. Al-Islam Pendidikan Agama Islam. Palangka Raya: Erlangga, 201. Said Agil Husin Al Munawar. Al-Qur’an Membangun Tradisi Kesalehan Hakiki Jakarta: Ciputat Pers, 2013.
S. Margono. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2015.
Slameto. Belajar dan Faktor Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2016.
Suharsimi Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rinneka Cipta, 2013.
Sulhan Sulhan. ETIKA PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN
PERSPEKTIF KH. HASYIM ASY’ARI (telaah kitab adab al-A’lim wa al- Muta’allim). Jurnal Belajar dan Mengajar dalam Pandangan Al-Ghazali. 201.
Sutrisno Hadi. Metodologi Research Jilid II. Yogyakarta: Andi Ofset, 201.
Suyono, Hariyanto. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2015.
Yunahar Ilyas. Kuliah Akhlaq.Yogyakarta: Lembaga Pengkajian dan Pengalaman Islam (LPPI), 201.