Pengaruh Manajemen Kesiswaan terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik

  • Mirwan Mirwan Universitas Al Asyariah Mandar
  • Muammar Asykur Sekolah Tinggi Agama Islam Al Furqan Makassar
Keywords: Manajemen Kesiswaan, Prestasi Belajar, Peserta Didik

Abstract

Tujuan pada penelitian ini yaitu, untuk mengetahui gambaran penerapan manajemen kesiswaan kepada peserta didik XI jurusan IPA di SMA Negeri 10 Makassar Kota Makassar e, untuk mngetahui gambaran prestasi belajar peserta didik kelas XI jurusan IPA di SMA Negeri 10 Makassar Kota Makassar dan untuk mengetahui adakah pengaruh manajemen kesiswaan terhadap prestasi belajar peserta didik kelas XI jurusan IPA di SMA Negeri 10 Makassar Kota Makassar.Pada penelitian ini yang dijadikan populasi ialah seluruh Peserta didik kelas XI Jurusan IPA di SMA Negeri 10 Makassar Kota Makassar, yakni terdiri dari 37 orang dan teknik pengumpulan data yang digunakan ialah teknik sampling jenuh atau biasa juga disebut sebagai sensus. Adapun instrument yang digunakan dalam mengumpulkan data ialah menggunakan angket dan dokumentasi tentang pengaruh manajemen kesiswaan terhadap prestasi belajar peserta didik. Hasil Penelitian Menunjukkan Ditemukan nilai Thitung = - 1,211 dengan nilai signifikansi taraf signifikansi sebesar 5% (thitung<ttabel)= (- 1,211 < 1,69), yang ketentuannya, bila t hitung lebih kecil dari t tabel, maka Ho ditolak dan H1 diterima. Dan dari hasil analisa data thitung<ttabel itu berarti tidak ada pengaruh manajemen kesiswaan terhadap prestasi belajar peserta didik kelas XI jurusan IPA di SMA Negeri 10 Makassar Kota Makassar.

 

 

References

Anas Sudijono.Pengantar Statistik Pendidikan, (Cet XXII; Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2009), h. 28

Ary Gunawan, Administrasi Sekolah: Administrasi Pendidikan Mikro,(Jakarta: PT Rineka Cipta, 1996), Cet.I, hlm.9.

B Suryosubroto, Manajemen Pendidikan di Sekolah, edisi Revisi, (jakarta: PT Rineka Cipta, 2004), hal. 74

E.Mulyasa, Manajemen Berbasis Kompetensi Dan Aplikasinya, (Bandung: Rosda karya, 2003), hlm.20.

Hendyat Suetopo, Wasti Soearto, Pengantar Operasional Administrasi Pendidikan,(Surabaya: Buana Offset, 1982), hlm.98.

Mulyono, Manajemen Administrasi Dan Organisasi Pendidikan, (Yogyakarta: Ar- Ruzz Media, 2008), hlm. 178.

Syaiful Sagala, Manajemen Strategi dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan, (Bandung: Alfabeta, 2007), h. 94

Sri Minarti, Manajemen Sekolah, (Cet 1, Ar Rauzz Media, 2011), hal. 155.

Syaiful Bahari Djamarah, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2022),hal. 53

Moh. Shofyan, Pendidikan Berpradigma Proyektif, (Yogyakarta: IrciSod, 2004), hal. 17
Published
2022-12-30
Abstract viewed = 484 times
PDF downloaded = 423 times