Kepemimpinan Transformasional dan Implementasinya dalam Lembaga Pendidikan

  • Arif Ismunandar STIS Darusy Syafa’ah Lampung Tengah, Indonesia
  • Hafiedh Hasan STIT Pemalang, Indonesia
Keywords: Kepemimpinan, Transformasional, Lembaga Pendidikan

Abstract

Sebagai leader pada lembaga pendidikan, seorang kepala sekolah sangat menyadari bahwa  kinerja guru akan menjadi optimal, bilamana diintegrasikan dengan komponen sekolah baik kepala sekolah, fasilitas kerja, guru, karyawan, maupun anak didik. Untuk mewujudkan iklim kerja yang kondusif dan suasana kerja yang nyaman maka diperlukan kerja sama dari berbagai pihak. Lingkungan kerja yang mendukung, baik fisik maupun lingkungan sosial, akan membantu pencapaian tujuan kerja. Tulisan ini memaparkan tentang pentingnya gaya/style seorang pemimpin dlam menjalankan tugas kepemimpinannya dalam upaya meningkatkan kinerja guru dalam kepemimpinannya. Pemaparan tulisan ini didasarkan pada analisis dari data pustaka dengan model deskriptif. Dari hasil pembahasan dapat diperoleh kesimpulan bahwa kepemimpinan merupakan proses mempengaruhi orang lain untuk melakukan sesuatu dalam rangka mencapai maksud tertentu. Kepemimpinan transformasional, digambarkan sebagai gaya kepemimpinan yang dapat membangkitkan atau memotivasi karyawan, sehingga dapat berkembang dan mencapai kinerja pada tingkat yang tinggi, melebihi dari apa yang mereka perkirakan sebelumnya. Kepemimpinan transformasional pada prinsipnya memotivasi bawahan untuk berbuat lebih baik dari apa yang bisa dilakukan, dengan kata lain dapat meningkatkan kepercayaan atau keyakinan diri bawahan yang akan berpengaruh terhadap peningkatan kinerja.Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam mengimplementasikan upaya-upaya pembaharuan dalam lembaga yang dipimpinnya.

Kata Kunci : Kepemimpinan, Transformasional, Lembaga Pendidikan

References

Ahzami Samiun Jazuli, Hijrah dalam Pandangan al-Qur’an, (Jakarta: Gema Isani, 2006).

Akhmad Sudrajat, Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Artikel Pendidikan, dalam https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/04/15/kepemimpinan-transformasional-kepala-sekolah, Diakses Tanggal 07/02/2023.

Engkoswara dan Aan Komariah, Administrasi Pendidikan, (Bandung: Alfabeta, 2012).

E. Mulyasa, Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah, (Jakarta: Bumi Aksara, 2012).

, Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam Konteks Mensukseskan MBS dan KBK. (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2005).

Miftah Thoha, Kepemimpinan dalam Manajemen, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006).

Miftah Thoha, Perilaku Organisasi: Konsep Dasar dan Aplikasinya, (Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2009).

Mutamimah, Globalisasi dan Kepemimpinan Transformasional. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, (Semarang: FE Universitas Islam Sultan Agung, 2001).

Nurkolis, Manajemen Berbasis Sekolah, (Jakarta: Grasindo, 2006).

Rachman Natawijaya, Peran Strategis Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan, (Jatinangor: Alqaprint, 2006).

Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007).

Soewadji Lazaruth, Kepala Sekolah dan Tanggung Jawabnya, (Yogyakarta: Kanisius, cet. VI, 1994).

Suparlan, Guru sebagai Profesi, (Yogyakarta: Hikayat Publishing, 2006).

Syaiful Sagala, Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan, (Bandung: Alfabeta, 2009).

Wahjosumidjo, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teoritis dan Permasalahannya, (Jakarta: Rajawali Press, 1999).

Wahyudi, Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajar (Learning Organizaion), (Jakarta: Alfabeta, 2009).

Wuradji, The Educational Leadership (Kepemimpinan Transformasional), (Yogyakarta: Gama Media, 2009).

Yoga Permana Wijaya, Kriteria Pemimpin dalam Pandangan Islam, Dalam https:// kriteria-pemimpin-dalam-pandangan-islam, Diakses Tanggal 15 April 2023.

Published
2023-04-19
Abstract viewed = 887 times
PDF downloaded = 630 times